Saluran-Saluran Otak

Saluran-Saluran Otak

Saluran-Saluran Otak

Lalu apa yang terjadi ketika kita sungguh mengerjakan dua hal sekaligus? Itu sederhana. Kita telah memisahkan keduanya. Otak kita mempunyai saluran-saluran maka kita mampu mengolah jenis-jenis data yang berbeda di bagian-bagian yang berbeda dalam otak kita. Ini sebabnya Anda dapat mengobrol sambil berjalan. Tidak ada saling mengganggu di antara kedua saluran. Namun berikut ini kelemahannya, Anda tidak sungguh berfokus pada kedua kegiatan tadi.

Yang satu terjadi di latar depan, yang lain di latar belakang. Jika Anda mencoba berbincang dengan seorang penumpang sambil sambil mendaratkan sebuah DC-10,  Anda akan berhenti berjalan. Begitu pula, jika Anda sedang berjalan menyeberangi sebuah jurang pada sebuah jembatan dari tali, Anda mungkin berhenti berbicara. Anda dapat mengerjakan dua hal sekaligus, tetapi Anda tidak mampu berfokus secara efektif pada dua hal sekaligus.

Bahkan anjing saya Max tahu tentang ini. Ketika saya sedang asyik menonton pertandingan basket di televisi, ia duduk dengan tenang di dekat kaki saya. Tampaknya, ia tahu bahwa menggaruk-garuk tubuh bisa membuat saya marah. Banyak orang mengira bahwa kareena tubuh mereka berfungsi tanpa arahan secara sadar, berarti mereka melakukan multitasting. Ini benar, tetapi tidak dengan cara seperti yang mereka maksudkan.

Banyak diantara kegiatan fisik kita, seperti bernafas di arahkan oleh suatu bagian dalam otak kita yang berbeda dari bagian untuk mengatur fokus. Akibatnya, dalam hal ini tidak ada konflik antar saluran. Kita benar ketika kita mengatakan sesuatu seperti “pikiran bagian depan dan tengah” atau “pikiran bagian atas”, karena di situlah fokus terjadi di korteks prefrontalis. Ketika Anda berfokus, Anda seperti menyorotkan lampu senter ke sesuatu yang di anggap penting.

Anda sungguh dapat memberikan perhatian pada dua hal, tetapi itulah yang di sebut “perhatian terbagi”. Dan jangan salah. Ambil dua hal maka perhatian Anda terbagi. Ambil satu hal lagi, jangan terkejut kalau ada yang gagal. Masalah dari mencoba fokus pada dua hal sekaligus muncul ketika salah satu tugas menuntut perhatian lebih banyak atau ketika tugas itu menyilang sebuah saluran yang telah di gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *