sewa mobil di malang batu

Resiko Telat Ganti Oli Mobil Matik

Pekerjaan ganti oli untuk kendaraan adalah hal yang tidak merepotkan, tapi akibatnya akan menyeramkan bila anda terlambat dalam menggantinya. Terlebih bila kendaraan yang anda pakai adalah matik.Ada resiko telat ganti oli mobil matik yang perlu anda ketahui, terutama bagi anda yang mempunyai sewa mobil di Malang Batu dimana ada yang menyediakan mobil matik di armadanya.

Seperti yang umumnya telah diketahui, kendaraan dengan tipe matik amat tergantung dengan oli transmisi. Dengan demikian titik transmisi harus mendapatkan pemeliharaan yang konsisten. Bila anda kurang memperhatikan bagian ini, makan akibatnya sangat fatal dimana kendaraan anda akan mendapatkan permasalahan yang bahkan bisa menyebabkannya mogok sama sekali.

Pejabat dari Astra Otoparts yang bertanggung jawab pada bagian sales yaitu Chinto Adiputera, menyatakan bila semua produsen kendaraan matik memiliki aturan yang tidak sama antara satu dan lainnya dalam aturan penggantian oli transmisi.

Menurut penuturan dari beliau, secara umum produsen biasanya mempunyai aturan baku untuk melakukan penggantian oli transmisi ketika mencapai 40.000 hingga 60.000 kilometer sekali. Itupun dengan keadaan pemakaian kendaraan yang dipakai pada jalan yang mulus tanpa macet atau tidak ada halangan. Hal itu dia sampaikan di Jakarta pada hari Selasa tanggal 20 Maret 2018.

Beliau sendiri berpendapat agar oli transmisi penggantiannya harus secepat mungkin, terlebih bila kendaraan yang anda kendarai sering menghadapi jalanan yang ramai atau tersendat. Jadi, bila anda yang memakai kendaraan matik di jalanan Jakarta misalnya atau kota-kota besar lainnnya yang suka macet, lebih baik pengemudi melakukan penggantian oli setiap 20.000 kilometer sekali.

Oli transmisi yang terlambat dilakukan penggantian akan mengalami perubahan sehingga bentuknya menjadi encer dan keadaannya lebih kotor. Dengan kondisi itu fungsinya sebagai pelumasan menjadi tidak maksimal. Dengan oli seperti itu maka transmisi untuk bisa berfungsi dengan sempurna tidak tercapai.

Beliau juga menambahkan resiko telat ganti oli mobil matik itu sangat mahal. Bila terlambat dalam melakukan servis atau perawatan yang rutin, kemudian terjadi permasalahan terhadap transmisi, maka bila perlu ada penggantian biayanya akan sangat mahal. Harga dari perbaikan akibat kerusakan bagian ini dari 1 boxnya bisa dari tiga juta rupiah hingga yang berharga sampai belasan juta. Bahkan dia menambahkan bila pernah melakukan perbaikan yang menelan biaya hingga 20 jutaan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *