wisata nglinggo

Menikmati Segarnya Udara Pegunungan di Desa Wisata Nglinggo

Kabupaten Kulonprogo terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan memikat. Di kawasan Pegunungan Menoreh telah dikembangkan sebuah desa wisata yaitu  sebuah Desa Wisata Nglinggo. Desa ini telah menjelma menjadi objek wisata yang sering dikunjungi oleh warga Yogyakarta untuk berlibur di akhir pekan. Desa Wisata Nglinggo yang berada di ujung barat Kulonprogo yang berbatasan dengan Kabupaten Magelang dan Purworejo di Jawa Tengah. Bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya, tempat ini saat ini mulai populer sebagai tujuan untuk berwisata bersama pasangan, teman, keluarga atau rombongan lainnya. Udaranya yang sejuk dan hijaunya pemandangan kebun teh di kawasan ini adalah sajian utama di sini.  Wisatawan bisa bersantai sejenak dan melupakan segala permasalahan yang mereka hadapi.

wisata nglinggo

Desa Wisata Nglinggo sebenarnya sudah lama ada namun kurangnya promosi dan akses jalan yang sulit membuat desa ini tidak banyak dikenal oleh wisatawan lokal apalagi mereka yang datang dari luar daerah. Setelah pemda kemudian fokus mengembangkan pariwisata di daerahnya, kawasan ini pun mulai diperhatikan. Pemerintah daerah kemudian mulai memperbaiki akses jalan bahkan memperlebarnya dengan memangkas bukit-bukit di sekitar jalan. Semuanya dilakukan agar pengunjung yang datang dapat meningkat dan mau berwisata ke tempat ini dengan lancar dan juga aman. Agar memudahkan wisatawan yang ingin menuju tempat ini, dipasang juga petunjuk arah juga  di banyak lokasi-lokasi. Berbagai macam fasilitas juga diperbaiki dan dibangun di desa ini. Tempat parkir yang luas, toilet, kamar mandi, dan juga warung-warung ditata dengan rapi sehingga terlihat apik.

Hal utama yang menjadi daya tarik di kawasan ini adalah perkebunan teh yang tumbuh subur di tempat ini. Pengunjung  yang datang dapat berjalan kaki menyusuri dan menikmati pemandangan kebun teh yang berada di 800 m dpl ini saat menuju ke puncak bukit. Dari puncak bukit ini, selain bisa melihat hamparan kebun teh wisatawan bisa melihat pemandangan bukit batu yang menjulang tinggi di beberapa lokasi. Jika tertarik, wisatawan dapat mendaki salah satu dari bukit-bukit tersebut karena sudah dibangun jalan setapak dan juga tangga untuk naik menuju puncak bukit tersebut. Dari atas bukit akan terlihat lebih jelas pemandangan lembah yang ada dibawahnya.

Lokasi Bukit Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo berada di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Berbatasan dengan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.  Jika ingin ke lokasi ini, akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam memakai kendaraan pribadi dari pusat kota

Tiket Masuk Desa Wisata Nglinggo

Untuk masuk ke kawasan Desa Wisata Nglinggo akan dikenai tiket masuk sebesar Rp. 5.000,-, Rp. 2.000,0 untuk retribusi dan Rp. 3.000,- untuk jasa lingkungan. selain itu akan ada uang parkir kendaraan bermotor bagi wisatawan yang mengunakan kendaraan di tempat ini.

Tips Wisata di Desa Wisata Nglinggo

  1. Gunakan baju hangat seperti jaket karena udaranya cukup dingin kencang di lokasi ini.
  2. Bawa air mineral untuk mengusir dahaga.
  3. Pastikan baterai hp atau kamera penuh untuk mengambil setiap momen di lokasi ini.
  4. Jagalah kebersihan di kawasan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *