wisata jogja

Belajar Pengelolaan Limbah di Gardu Action, Bantul, Jogja

Kreativitas memang tiada batasnya. Salah satu bentuk kreativitas warga Bantul, Jogja adalah dengan menyulap sampah-sampah masyarakat menjadi instalasi seni yang unik dan menarik yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah objek wisata jogja di kawasan tersebut. Mereka memanfaatkan limbah-limbah tersebut yang biasanya hanya menjadi tumpukan sampah yang tidak berarti. Tempat tersebut bernama Gardu Action.

Garbage Care and Education yang disingkat menjadi Gardu Action saat ini populer dikalangan wisatawan khususnya anak muda yang menyukai hal-hal yang unik dan menarik. Sejatinya tempat ini merupakan tempat untuk pengolahan sampah danĀ  juga sebagai pusat edukasi tentang tata kelola sampah bagi masyarakat umum. Di sini sampah-sampah yang biasany hanya dibiarkan begitu saja di daur ulang sehingga memiliki nilai ekonomi dan tidak hanya itu sampah-sampah di lokasi ini dimanfaatkan sebagai tempat kreasi para pemuda sehingga terlihat karya-karya seni di Gardu Action ini.

wisata jogja

Pengunjung atau wisatawan yang datang ke kawasan Gardu Action, akan disambut bangku kayu yang berderet dengan botol plastic yang berjumlah puluhan dan bergambarkan karakter kartun. Semuanya merupakan limbah sampah yang di daur ulang. Terdapat beberapa aneka instalasi seni seperti menara pandang. Selain itu ada juga tempat swafoto yang berbentuk kupu-kupu raksasa dan bentuk lainnya. Tidak hanya itu, di tempat ini juga terdapat aneka hiasan yang indah dan unik. Jika dilihat sepintas pengunjung tidak akan menyangka jika itu semua berasal dari limbah masyarakat.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar instalasi seni yang menarik yang ada. Atau berfoto di tepat-tempat yang telah disediakan. Jika selesai berfoto, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan alam berupa pemandangan alam yang mempesona di ufuk barat dimana matahari tengelam berlahan. Selain itu wisatawan bisa menikmati pemandangan sekitar yang mirip dengan padang pasir.

Jika wisatawan tertarik tentang tata kelola sampah yang baik bisa menghubungi pengelola tempat ini. Pengelola akan menerangkan tentang pemilahan dan pengelolaan sampah baik organik maupun anorganik. Selain itu wisawan juga akan diberikan informasi mengenai cara pengolahan sampah sehingga bisa dimanfaakan lagi.

Lokasi Wisata Edukatif Gardu Action

Gardu Action berlokasi di kawasan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Bantul. Jika kesulitan mencarinya tempat ini berada dekat dengan tempat pembuangan sampah wisata. Lokasinya dekat dengan Pantai Parangtritis sehingga wisatawan bisa sekalian mampir ke pantai tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *