Beberapa hewan penghisap darah yang sering kita temui

Hewan penghisap darah atau dalam bahasa latin disebut dengan hematophagous. Umumnya hewan ini dapat kita temui pada daerah yang gelap dan kotor seperti goa, kebun atau daerah lembab yang lain, akan tetapi ada beberapa dari mereka yang sering kita jumpai, contohnya saja adalah nyamuk.

Nyamuk tergolong hewan penghisap darah yang mudah dan sering kita temui, tanpa kita mencarinya pun nyamuk akan datang dengan sendirinya. Hampir semua orang beranggapan jika nyamuk saja yang merupakan hewa penghisap darah, namun selain hewan yang satu ini ada beberapa hewan penghisap darah yang mudah dan sering kita temui. Dan berikut beberapa hewan penghisap darah selain nyamuk.

1. Kutu busuk

Kutu busuk merupakan hewan penghisap darah yang biasanya tinggal ditempat tempat tidur seseorang, seperti pada bantal, kasur, selimut dan tempat tersembunyi lainnya. Karena ukuran tubuhnya yang begitu kecil banyak yang tidak menyadari jika ada hewan yang satu in. Kutu busuk biasanya akan mencari makan pada malam hari. Ia akan menggigit dan menghisap darah seseorang sehingga menimbulkan bekas gigitan bentol dan terasa gatal dan panas.

2. Lintah

Lintah juga salah satu hewan penghisab darah selain nyamuk yang mudah kita temui. Biasanya hewan ini dapat kita temui disungai, danau, rawa dan juga sawah. Masyarakat banyak yang menganggap hewan ini sebagai parasit saja, karena kebiasaanya menghisap darah ternak warga seperti kerbau dan juga sapi yang biasa digembalakan disawah sawah. Namun sebenarnya lintah hitam yang biasa kita temui mempunyai kegunaan didunia medis, lintah sering dimanfaatkan untuk kepentingan terapi karena mempunyai kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu kegunaan minyak lintah juga banyak, dan salah satunya untuk obat penyakit kulit.

3. Lalat

Mungkin banyak yang tidak mengira jika lalat juga termasuk hewan penghisap darah yang sering kita temui. Biasanya lalat yang menghisap darah berukuran besar, biasanya lalat besar sering disebut dengan pikat atau catak. Lalat jenis ini habitatnya pada tempat tempat kotor seperti kebun, kandang sapi, dan kandang kerbau. Biasanya lalat ini menghisap darah kerbau atau sapi, namun kadang juga menghisap darah manusia.

4. Pacet

Pacet merupakan hewan yang masih satu family dengan lintah, hampir bentuk serta ukuran tubuhnya tidak berbeda dengan lintah. Yang membedakan pacet dengan lintah adalah habitanya saja, bisanya pacet tinggal di ranting, dahan, daun, dan juga menempel di pohon pohon. Jika anda sering mendaki gunung, pasti tidak asing dengan hewan yang satu ini. Karena biasanya hewan ini sering menggigit para pendaki gunung tanpa mereka sadari tau tau sudah tergigit.

Itulah beberapa hewan penghisap darah yang sering kita jumpai keberadaanya. Mungkin masih banyak hewan penghisap darah yang hidup dibumi ini namun belum kita ketahui ataupun kita jumpai. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan kita bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *