Acoustic vs electric: Apa yang harus Anda ketahui

Jika Anda baru memulai, Anda mungkin tidak tahu ada perbedaan antara gitar akustik dan elektrik. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian.

Memahami Dasar-dasar Gitar Akustik

Gitar akustik berbeda dari gitar listrik dalam beberapa cara. Terutama, akustik tidak perlu dicolokkan untuk didengar. Gitar akustik umumnya lebih besar dan memiliki ruang suara berlubang yang memperbesar resonansi dari bagian atas dan tubuh gitar saat Anda memetik atau memetik senarnya. Jembatan membantu mentransmisikan getaran string ke tubuh.

Sifat akustik dari kayu yang digunakan pada akustik memiliki dampak besar pada suara mereka. Kayu yang digunakan untuk bagian atas sangat penting. Akustik kualitas yang lebih baik dibuat dengan cemara padat, kayu cedar atau ton kayu lainnya yang menghasilkan suara yang tajam dan artikulatif.

Banyak gitar starter murah dibangun dengan atasan laminasi terbuat dari beberapa lapisan kayu yang ditekan bersama. Sementara laminasi tahan lama dan bisa sangat menarik, tidak akan menghasilkan nada yang menyenangkan seperti kayu solid. Pada tingkat lebih rendah, ini juga berlaku pada bagian belakang dan sisi gitar — kayu solid akan menghasilkan nada yang lebih baik. Ketika membaca spesifikasi gitar, jika Anda melihat istilah seperti “pilih spruce top,” yang menunjukkan bagian atas terbuat dari kayu laminasi dengan pola biji-bijian seperti cemara yang tercetak di atasnya.

Ukuran tubuh gitar akustik juga mempengaruhi suaranya. Instrumen yang lebih besar dengan badan penakut atau jumbo umumnya menghasilkan volume lebih banyak dan cenderung memiliki nada bulat yang lebih hangat yang menonjolkan nada bass. Gitar yang lebih kecil seperti konser dan “000” model biasanya memiliki suara yang lebih cerah yang menonjolkan rentang tengah dan treble mereka.

Meskipun gitar akustik yang paling umum memiliki senar baja, gitar klasik dan flamenco menggunakan senar nilon yang menghasilkan suara yang lebih lembut dan lembut. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa pemain gitar baru harus mulai dengan string nilon karena mereka lebih mudah di jari atau lebih mudah untuk bermain. Namun senar nilon dan tali baja tidak dapat dipertukarkan pada gitar yang sama, jadi ini bukan masalah maju dari satu jenis string ke string lainnya dengan pengalaman. Apa yang benar-benar mendorong keputusan Anda adalah jenis musik apa yang ingin Anda mainkan.

Gitar akustik mandiri dan membutuhkan sedikit persiapan untuk bermain. Jika Anda mencari kesederhanaan, pertimbangkan untuk belajar gitar akustik terlebih dahulu. Anda hanya perlu duduk, selaras sesuai kebutuhan dan Anda pergi ke mana pun telinga dan jari Anda membawa Anda.

Gitar akustik umumnya lebih besar daripada gitar listrik, dan menggunakan string yang lebih berat. Ini penting jika pemain bertubuh kecil atau memiliki tangan kecil. Merasa nyaman memegang gitar dan bersenda gurau penting baik pada akustik dan listrik, tetapi mungkin sedikit lebih menantang secara fisik dengan akustik versus listrik.

baca juga :

Berlatih bernyanyi setiap hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *