5 Tips Perawatan Laptop yang Benar dan Tepat

5 Tips Perawatan Laptop yang Benar dan Tepat

5 Tips Perawatan Laptop yang Benar dan Tepat

Barang berharga seperti laptop sangat disayangkan apabila belum lama dibeli tapi sudah rusak. Misalanya laptop menjadi lemot, cepat panas dan sebagainya. Kurangnya perawatan laptop atau perawatan yang salah merupakan penyebab utama kerusakan tersebut.  Tips perawatan laptop yang benar dan tepat sangat dibutuhkan untuk menghindarinya.

5 Tips Perawatan Laptop yang Benar dan Tepat

Memberikan perawatan laptop yang benar tidak hanya meminimlisir terjadinya kerusakan pada laptop. Tapi juga baik untuk mempercantik laptop kesayangan Anda. Berikut tips merawat laptop yang benar:

  • Gunakan Pelindung Body Laptop

Ketika beli laptop baru atau seken, sebaiknya beli juga pelindung hardware bagian luar laptop. Misalnya, screen protector untuk melindungi LCD laptop dari debu, goresan, anti silau dan sebagainya. Keyboard protector untuk melindungi celah-celah sekitar keyboard agar tidak kemasukan debu atau air yang tidak sengaja tumpah. Dan, Cooling pad atau cooler laptop untuk mendinginkan/ menyedot suhu panas di dalam laptop supaya suhu dalam laptop tetap stabil (tidak mudah overheat).

  • Bersihkan laptop secara teratur (berkala)

Perawatan laptop menyeluruh dengan membersihkan komponen luar laptop dan dalam laptop sangat penting untuk dilakukan untuk kenyamanan Anda saat menggunakannya. Perawatan komponen luar laptop bertujuan agar laptop terus kinclong, sementara komponen dalam laptop bertjuan agar kinerja laptop tetap optimal. Komponen bagian dalam laptop yang wajib dibersihkan adalah fan atau kipas, di komponen itulah biasanya debu berkumpul yang apabila sudah terlalu banyak bisa membuat kipas tidak berfungsi dengan baik sehingga laptop cepat panas dan sering mati tiba-tiba.

  • Selalu gunakan operating system (OS) Original

Pastikan laptop kesayangan Anda menggunakan sistem operasi yang asli (original) bukan bajakan. Selain sebagai bentuk menghargai karya sang pembuat, dengan menggunakan sistem operasi original, Anda tidak perlu khawatir terdapat file-file berbahaya atau bug yang kerap mengganggu. Apabila Anda sudah terlanjur mengguanakan OS bajakan, sebaiknya copot saja dan ganti dengan versi original. Anda kan tidak tahu bisa saja sistem operasi bajakan yang Anda gunakan saat ini sudah disisipi file-file berbahaya yang siap menginfeksi laptop Anda. Menggunakan sistem operasi original sangat dianjurkan!

  • Gunakan laptop sesuai Jenisnya

Gunakan laptop sesuai jenis atau sepesifikasinya. Biasanya laptop di tempat kerja mempunyai spesifikasi diatas standar, begitupun laptop untuk gaming pasti kapasitas atau spesifikasinya juga lebih mumpuni dibanding laptop standar yang hanya untuk kebutuhuan sehari-hari. Semua jenis laptop dirancang dengan komponen dan ketahanan yang berbeda. Untuk Anda yang senang gaming, bisa saja memainkannya di laptop dengan spesifikasi standar yang tidak khusus dirancang untuk gaming. Tapi hal semacam ini rawan mengakibatkan kerusakan, biasanya overheat sudah pasti terjadi, parahnya lagi bisa menyebabkan batery laptop Anda bocor.

  • Lakukan update software dan sistem operasi

Dengan melakukan update software dan sistem operasi ini Anda bisa meminimalisir bebrbagai masalah performa aplikasi serta meningkatkan keamanan yang dapat membahayakan laptop Anda.

Itulah 5 Tips Perawatan Laptop yang Benar dan Tepat. Jangan biarkan laptop kesayangan Anda cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *