makanan khas pemalang

3 Makanan Khas Dari Kota Pemalang

Bilamana dibandingkan dengan dua kota besar yang berada didekatnya yaitu kota Pekalongan yang terkenal akan batiknya dan kota Tegal termashur dengan Ngapaknya, nama metropolis Pemalang memang sangat rongak sekali didengar.

makanan khas pemalang

Mungkin saja masih sedikit yang tahu, kalau Pemalang itu cuma Comal, sepatutnya Comal itu hanya tunggal dari 14 kecamatan yang ada di Pemalang. Sepertinya beginilah nasib kota yuwana diantara dua kota luas yang menghimpitnya.

Walaupun amat, Pemalang memiliki makanan terbatas lezat yang selalu siap membuat rindu bagi warganya yang sedang merantau tatkala penjuru Indonesia. Lantas, segalanya saja makanan khas Pemalang tersebut? berikut ulasannya

Lotek

Makanan khas Pemalang mula-mula yaitu Lotek. Sekilas Lotek ini mirip dengan Pecel, tapi dari segi mencicip sedikit berbeda, karena kuliner khas Pemalang yang tunggal ini tidak ada ikatan bawang putih, daun sitrus, dan kencur yang konvensional dicampurkan sebagai bumbu dalam Pecel.

Lotek terdiri kira-kira sayuran seperti Kangkung, paru-paru ubi, kacang panjang, sawi, nangka muda, kecipir, timun, dan tauge. Terkadang sertaterus, ada Lotek yang dicampur dengan Kerupuk Usek (Useg) yaitu kerupuk yang digoreng dengan pasir.

Kombinasa citarasa berbagai sayuran dan suplemen inilah yang membuat persembahan khas kota Pemalang itu begitu lezat dan saja dirindukan oleh warganya yang sedang merantau untuk mencoba kehidupan yang lebih cantik.

Sate Loso
Makanan terbatas Pemalang selanjutnya yaitu Sate Loso. Sate Loso adalah salah satu varian sate khas Indonesia yang bermula dari kota Pemalang, yang mana bahan dasarnya adalah kutil sapi atau daging kerbau yang di bacem terlebih dahulu sebelum dibakar.

Rata-rata disajikan dengan sambal yang dibalut dengan kacang mempunyai warna merah yang sudah dihaluskan. Uniknya, sate khas Pemalang ini juga bisa disajikan dengan sup berisi terkiat, tulang muda, dan tauge.

Grombyang
Bisa dikatakan Grombyang ini adalah salah mono makanan khas Pemalang yang paling populer disana. Persembahan ini mirip seperti Rawon dan mudah didapatkan, soalnya banyak penjual yang menjual jenis makanan ini pada sana.

Grombyang terdiri atas daging kerbau atau lembu empuk yang dipadukan menggunakan kuah manis, lalu ditaburi daun bawang, dan berambang goreng. Kuliner khas Pemalang ini juga bisa jadi dengan sate Babat yang dilumuri dengan bumbu penting khas Pemalang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *